Rabu, 13 Juni 2012

Amnesia

''Alhamdulillah Kyo ketemu ibu, Kyo tidak tahu kyo dimana, tidak tahu mau kemana, tidak tahu ini hari apa, jam berapa bahkan Kyo tidak tahu saat ini harus melakukan apa, Kyo bingung bu...pikiran kyo blank, tolong kyo bu..." ucap Kyo dengan wajah kebingungan dan tatapan yang membuat iba, sedih...... jujur aku sedih sekali melihat keadaan Kyo, pemuda tampan yang dulunya smart dan aktif kini berubah drastis akibat kecelakaan motor yang menimpanya setahun yang lalu. Tragis... dari awal setelah kecelakaan koma, sampai akhirnya sadar dan harus menerima kenyataan kalau dirinya amnesia, Kyo mengalami kesulitan dalam hal mengingat, bahkan Kyo sering lupa apakah dia sudah makan siang atau sarapan, bener2 kenyataan yang membuat aku selalu meneteskan airmata setiap bertemu dan berbicara dengannya. Ingin rasanya membantu Kyo agar dia bisa pulih seperti semula, tapi... sayang sekali nak... ibu bukan dokter dan bukan pula ahli dalam dunia per amnesiaan, maafkan ibu..... Kyo, ibu hanya bisa membantu dengan doa, namun ibu pastikan, setiap kamu butuh bantuan, selagi ibu bisa bantu.... InsyaAllah ibu akan slalu ada untukmu. Tetap ber Doa dan Semangat ya nak, Percayalah... Allah punya rencana indah untukmu.


Amnesia
Pernahkah kita terlintas untuk berpikir, bagaimana seseorang tidak salah mengenali seorang lainnya sebagai sahabat, keluarga, dan pasangan di antara puluhan, ratusan, bahkan ribuan orang yang pernah keluar masuk kehidupan kita? Mengingat teori-teori yang dijejalkan guru SD hingga dosen meskipun tidak secara keseluruhan? Mengingat rentetan alfabet apa saja yang didapatkan selama kuliah? Mengingat bahwa setiap hari memiliki nama yang berbeda?

Itulah yang kadang dilupakan, lupa bagaimana mengingat. Mengingat bahwa hal-hal yang tampaknya sederhana ternyata memerlukan suatu sistem kompleks yang saling berkaitan. Mengingat bahwa unit terkecil sistem syaraf dapat memberikan dampak signifikan bila tidak bekerja sesuai dengan tugasnya.
Kita membuat dan menyimpan memori melalui beberapa jalur sistem saraf. Stimulus yang diterima oleh pancaindera disebut sebagai memori sensoris (misalnya rangsangan suara berupa teriakan). Informasi sensoris tersebut akan berjalan sepanjang sel saraf sebagai impuls elektrik, kemudian diidentifikasi sebagai pesan kimia di ujung sel saraf. Pesan kimia tersebut akan dibawa oleh neurotransmitter melintasi sinapsis untuk diteruskan ke sel-sel saraf berikutnya, yaitu ke sel-sel otak. Daerah utama dalam otak yang berfungsi sebagai hard disk, yaitu thalamus, amygdala, hippocampus, dan cerebellum.
Proses mengingat terdiri dari tiga tahapan, yakni encoding, storage, dan retrieval. Encoding merupakan proses meletakkan informasi dalam memori sesuai dengan bentuk yang dipersepsinya. Storage merupakan proses penyimpanan informasi. Retrieval sebagai proses menemukan kembali informasi yang disimpan dalam memori untuk digunakan. Berdasarkan perbedaan lama tahapan tersebut, memori dapat dibagi menjadi memori jangka pendek dan memori jangka panjang.
Lalu bagaimanakah sebuah sistem rumit dan detail tersebut menyebabkan seseorang dapat kehilangan memorinya setiap hari? Tidak bisa dibayangkan bila seseorang selalu diingatkan pada tiap pagi bahwa dia telah menikah dan memiliki keturunan. Terlebih lucu lagi bila harus diingatkan tiap pagi bahwa dia adalah presiden suatu negara. Anterograde Amnesia
Anterograde amnesia memang merupakan istilah medis yang tidak populer di kalangan masyarakat kita. Masyarakat lebih sering mengenal amnesia saja, yaitu kehilangan seluruh memori dalam hidupnya setelah mengalami kecelakaan. Amnesia akan pulih bila kepala mengalami benturan lagi secara tidak disengaja (dalam sinetron biasanya). Persepsi tersebut tidak sepenuhnya salah, tetapi tidak seluruh kejadian amnesia dapat dipersepsikan sama.
Anterograde amnesia merupakan salah satu bentuk amnesia yang penderitanya tidak mampu mentransfer memori jangka pendek menjadi memori jangka panjang sehingga cepat lupa. Bukan sekedar lupa inti materi yang sepuluh menit lalu diajarkan oleh dosen, tetapi lupa yang benar-benar lupa. Beberapa penderita lupa menu sarapan paginya, lupa tahun berapa saat ini, lupa yang telah dia lakukan kemarin, dan lainnya. Penderita hanya mampu mengingat kejadian-kejadian sebelum mengalami hal yang menyebabkan anterograde amnesia, misalnya kecelakaan. Hal ini dapat dianalogikan sebagai seseorang yang kabel teleponnya terputus di tengah pembicaraan. Dia hanya akan mengingat pembicaraan sebelum kabel putus dan lupa akan hal-hal yang telah akan dibicarakan setelah kabel putus. Dalam kasus anterograde amnesia, penderita tetap akan lupa meskipun hal tersebut dilakukan berulang-ulang setelah kecelakaan. Jadi, jangan heran bila Anda bertemu dengan orang yang setiap sehari sekali mengajak Anda berkenalan terus-menerus karena mungkin dia lupa bahwa dia sudah berkenalan dengan Anda kemarin. Bahkan penderita dapat memiliki rentang waktu proses mengingat lebih buruk (hanya dalam hitungan menit, jam), bergantung tingkat keparahannya.
Berdasarkan kajian neurologi, anterograde amnesia dialami seseorang karena terjadi luka akibat benturan keras, salah satunya pada daerah medial temporal lobe (MTL) atau diencephalon. MTL terdiri dari amygdala dan hippocampol yang merupakan dua dari keempat daerah penyimpanan pertama memori dalam otak (Graff-Radford, Tranel, Von Hoesen, dan Brandt, 1990). Inilah yang menyebabkan ketidakmampuan mentransfer memori jangka pendek ke memori jangka panjang.
Jadi, apa yang perlu dilakukan ketika menghadapi kelainan semacam ini? Video, catatan harian, dan alat perekam kejadian lain menjadi efektif sebagai solusi. Penderita atau orang-orang terdekatnya dapat menuliskan atau merekam kejadian yang dialami selama sehari untuk diperlihatkan keesokan harinya agar penderita mengetahui kembali siapa dirinya, siapa orang-orang terdekatnya, dan info lainnya. Penderita pada akhirnya memang sangat tergantung pada keluarga dan orang terdekatnya.
Anda tidak ingin mengalaminya bukan? Sebuah langkah preventif perlu dilakukan untuk menghindari sindrom ini (selain penyebab alami tentunya). Mengubah gaya hidup menjadi poin utama. Sebuah studi menyatakan bahwa konsumsi alkohol secara berlebihan, apalagi dalam kondisi perut kosong dapat memblokir kemampuan otak untuk mentransfer short-term memory menjadi long-term memory. Bagi Anda yang mengalami insomnia, biasakan menghindari pemakaian obat tidur karena reaksi obat tidur dapat mengurangi lama waktu bermimpi. Padahal bermimpi merupakan salah satu proses penting dalam mengingat. Buatlah pola tidur minimal, tapi efektif. Langkah lain yang dapat ditempuh yaitu menjadikan membaca sebagai hobi utama. Hobi ini merupakan cara terbaik untuk mengingat karena membuat kita secara kontinyu menyerap informasi, menyimpan, dan mengingatnya kembali melalui proses visualisasi.Jadi, jangan sampai kita lupa lagi bagaimana mengingat, terutama mengingat bagaimana bersyukur

Beda Amnesia Dengan Demensia
Walaupun sama-sama dikatakan mempunyai kondisi yang sama yaitu lupa, amnesia dapat dibedakan dengan jelas dengan demensia atau sering dikenal sebagai penyakit pikun. Selain penyebab amnesia yang biasanya jelas dan mempunyai akibat langsung, amnesia juga kebanyakan terjadi tiba-tiba. Ini sangat berbeda dengan demensia yang terjadi sedikit demi sedikit sehingga terkadang keluarga tidak menyadarinya.
Amnesia juga biasanya berlangsung statis dan dapat mengalami perbaikan jika kondisi medis penyebabnya juga diperbaiki. Artinya orang yang mengalami amnesia bisa suatu waktu baik secara singkat maupun perlahan dan mampu mengingat kembali semua memori yang dilupakannya. Ini sangat berbeda dengan demensia yang semakin lama semakin menurun daya pikirnya. Kondisi demensia makin lama bukan membaik tapi malahan semakin parah.
Penderita amnesia juga tidak mengalami penurunan dalam fungsi bahasa, pengetahuan umum dan fungsi kehidupan sehari-harinya. Kondisi yang menonjol hanya tidak mampu mengingat memori masa lalu atau tidak mampu mempelajari informasi baru. Penderita demensia adalah sebaliknya. Selain penurunan daya ingat, pasien demensia juga mengalami penurunan kemampuan berbahasa, berkurangnya pengetahuan umum dan fungsi pribadi yang semakin menurun. Pada akhirnya pasien demensia yang tidak diobati dapat lupa sama sekali, tidak peduli dengan keadaan sekitar dan diam terus menerus.

Pengobatan Amnesia
Pengobatan yang disarankan untuk mengobati gangguan amnesia adalah dengan mengobati penyebab dasarnya. Seperti yang telah dikemukakan di atas, kondisi medis umum yang menyebabkan orang mengalami amnesia yang paling sering adalah cedera kepala. Maka dari itu penanganan yang segera dan tepat harus menjadi prioritas utama.
Selain itu walaupun pada kondisi amnesia, penderitanya sulit mengingat, bantuan kita sebagai keluarganya akan sangat membantu dalam mengenali lingkungan dan orientasinya terhadap waktu, tempat dan orang. Penderita amnesia setiap hari dapat diberitahukan tentang waktu, hari dan tanggal. Penderita juga diorientasikan terhadap tempat dan orang-orang di sekitarnya.
Setelah episode amnesianya terlewati, maka psikoterapi baik dengan teknik kognitif maupun suportif dapat membantu penderita yang telah baik memorinya untuk memahami apa yang telah terjadi dan mampu meneruskan kehidupannya secara baik ke depan.

Tulisan ini pernah dimuat di Suara Pembaruan
Teruntuk: M. Fadly (kyo).... Smoga cepat pulih n tetap SEMANGAT! 


Usah Kau Lara Sendiri 

By: Ruth Sahanaya


Kulihat embun menghalangi pancaran wajahmu
Tak terbiasa kudapati terdiam mendura
Apa gerangan bergemuruh di ruang benakmu
Sekilas kalau mata ingin berbagi cerita
Kudatang sahabat bagi jiwa
Saat batin merintih
Usah kau lara sendiri
Masih ada asa tersisa ...
Dekapkanlah tanganmu di atas bahuku
Biar terbagi beban itu dan tegar dirimu
Di depan sana cahya kecil 'tuk memandu
Tak hilang arah kita berjalan
... menghadapinya ...
Sekali jumpa kau mengeluh kuatkah bertahan
Satu persatu jalinan kawat beranjak menjauh
Kudatang sahabat bagi jiwa
Saat batin merintih
Usah kau lara sendiri
Masih ada asa tersisa ...
Dekapkanlah tanganmu di atas bahuku
Biar terbagi beban itu dan tegar dirimu
Di depan sana cahya kecil 'tuk membantu
Tak hilang arah kita berjalan
... menghadapinya ...
... music ...
Dekapkanlah tanganmu di atas bahuku
Biar terbagi beban itu dan tegar dirimu
Di depan sana cahya kecil 'tuk membantu
Tak hilang arah kita berjalan
... menghadapinya ...
Tak hilang arah kita menjalaninya
... menghadapinya ... (usah kau lara sendiri)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar